Senin, 24 Januari 2011

Ibuku buta sebelah mata........

Ibuku hanya punya satu mata
Aku benci dia... dia begitu memalukanku

Dia memasak untuk murid dan guru guna mencukupi kebutuhan keluargaku

Suatu hari saat aku di sekolah dasar, ibu mendatangiku dan mengucap salam padaku

Aku begitu malu saat itu....
Bagaimana dia bisa melakukan itu padaku didepan teman-temanku?!

Aku abaikan dia dan melemparkan pandangan benci padanya sambil lari

Esok harinya, salah seorang teman kelasku mengejekku dengan mengatakan
Eeee, ibumu hanya punya satu mata....!

Aku malu sekali dan ingin mati rasanya
Aku juga ingin ibuku pergi dari kehidupanku

Aku bertengkar hebat dengan ibuku dan kukatakan padanya:
Kalau ibu hanya jadi sumber bahan tertawaan teman2ku, mengapa ibu tak mati saja!

Ibuku tak menjawab....!!!

Aku sama sekali tak mau berpikir tentang apa yang kukatakan
Karena aku sangat marah padanya..

Aku tak pedulikan apapun perasaan dia

Aku ingin keluar dari rumah itu....!

Jadi aku belajar dengan keras agar aku mendapat kesempatan belajar diluar negeri

Kemudian aku menikah 
Kubeli rumah
Aku punya anak dan aku hidup bahagia

Suatu waktu ibu mengunjungiku
Dia bertahun-tahun tak melihatku dan bahkan belum pernah bertemu cucu2nya

Ketika ibu berdiri di depan pintu,
Anak-anakku menertawakannya

Aku berteriak padanya: "Betapa beraninya kamu datang ke rumahku
Dan menakuti-nakuti anakku
PERGI DARI SINI SEKARANG!!"

Ibuku menjawab pelahan
"Maaf... saya salah alamat"
Dan diapun pergi

Suatu waktu, ada undangan reuni dikirimkan ke rumahku

Jadi aku berbohong pada istriku
Kukatakan bahwa aku ada tugas keluar kota

Usai reuni, aku mampir ke kampungku untuk sekedar rasa ingin tahu

Salah seorang tetanggaku mengatakan bahwa ibuku telah meninggal dunia

Aku tak terharu ataupun meneteskan air mata...!

Tetanggaku itu menyerahkan sepucuk surat dari ibu untukku

"Anakku tersayang...... Aku memikirkanmu setiap waktu...
Maafkan aku datang ke rumahmu dan membuat takut anak2mu
Aku sangat gembira ketika kudengar kau akan datang ke reuni
Tapi sayangnya aku tak bisa bangkit dari tempat tidur untuk melihatmu
Maafkan aku yang membuat malu kamu saat kita masih bersama
Ketahuilah anakku......
Ketika kau masih kecil, kau mengalami kecelakaan yang membuatmu kehilangan matamu
Sebagai ibu, aku tak bisa berdiam diri membiarkanmu tumbuh dengan 1 mata saja
jadi.... kuberikan 1 mataku padamu
Aku sangat bangga pada anakku yang telah memperlihatkanku dunia baru untukku
Ditempatku, dengan mata itu
Bersama cintaku.....
IBUMU....."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jewelry